latest Post

Backpacker ke Malang: Agrowisata Kusuma Batu, Malang Part 1

Backpacker!! Entah ini bisa dibilang backpacker ato bukan. Pokoknya jalan-jalan :D

Siapa sih yang ngga suka jalan-jalan alias travelling alias backpacker-an??

Yakin deh, pasti kalian para jiwa muda udah punya buanyak sekali planning ke suatu tempat bareng temen2. Ya kan? Yang suka sama tantangan bisa naik gunung, yang suka sama keindahan alam bisa ke pantai atau ke kebun teh misalnya. Pasti seru banget tuh!

Kali ini, aku mau cerita pengalaman backpacker ku pertama kali bareng sama 2 temenku ke Malang dengan mengandalkan informasi dari mbah Google. Perjalanan ini dilakukan pas tanggal 11 Mei 2013. Mulai dari perjalanan yang butuh perjuangan dan menguras tenaga, sampai ketemu dengan ibu pemandu yang baik hati yang banyak menolong kita. Untung ada motornya ibu ini. Entah, apa jadinya kalo ngga ada ibu dan motornya ibu ini, kita pasti sampai rumah temennya temenku (tempat bermalam kita) malem banget.

Tujuan utama kita adalah ke Agrowisata Kusuma di daerah Batu, Malang. Kami memutuskan untuk ke Malang menggunakan transportasi Kereta Api. Seminggu sebelum keberangkatan, aku udah pesen tiket KA Penataran Jurusan Surabaya-Malang. Harganya cukup murah, Cuma Rp 4000 aja per tiket. Dengan menunjukkan KTP kita, tiket yang berangkat hari Kamis ini sudah ada di tangan.

Tiket KA penataran yang dibeli di Stasiun Waru
Tiket KA penataran yang dibeli di Stasiun Waru.
Kereta berangkat jam 07:39. Perjalanan dari Stasiun Waru sampai Stasiun Kota Baru Malang ditempuh selama kurang lebih 3 jam.

Yee akhirnya sampai juga di Stasiun Kota Baru Malang. 
Bagi kalian yang masih bingung mau kemana setelah dari Stasiun Kota Baru Malang, kalian bisa liat list destinasi wisata yang ada di depan pintu masuk stasiun. Disana ada beberapa yang terkenal di Malang. Barangkali bisa buat tambahan referensi liburan kalian.

Berbagai referensi tempat yang biasa dikunjungi di Malang.
Gambar-gambar ini ada di depan Stasiun.
Stasiun ini rame banget. Aku baru nyadar, ternyata kita ke Malang ini tepat di hari libur nasional. Aku buru-buru musti ngantri ke loket nih buat pesen tiket balik ke Surabaya hari Sabtu nanti. Akhirnya dapat! Tapi dapetnya yang sore jam 5. Ngga apa dah, ambil aja. Daripada ntar ngga balik. Hihi :D


Tiket balik ke Surabaya (tepatnya turun di Stasiun Waru) sudah ada di tangan.
Nah, abis dari Stasiun Kota Baru Malang ini, kita langsung njujug ke rumahnya temennya temenku. Letaknya ngga jauh dari Malang Town Square sama Universitas Brawijaya. Alhamdulillah, gratis untuk nginepnya. Untuk sampe sana, dari stasiun Kota Baru Malang, kita naik angkot biru kode ADL turun Malang Town Square. Tarifnya kurang lebih Rp 3000 per orang (ini sebelum BBM naik). Kalo bingung, tanya aja orang-orang sekitar sana. Dengan baik hati mereka akan bantu kita. Tapi, waktu itu kita dapet orang yang nggak seberapa baik hati. Abis tanya-tanya tentang angkot, eh bapaknya malah minta upah. Dengan ikhlas, kita ngasih upah ke bapak itu tadi.

Angkot ADL biru
Angkot ADL biru.
Nyampe Malang Town Square, kita singgah sejenak di rumahnya temennya temenku. Abis dhuhur langsung berangkat ke Agrowisata Kusuma, Batu, malang.

Nah dari Malang Town Square, untuk mencapai Agrowisata Kusuma, kita bisa naik angkot biru ADL (gambar angkotnya sama kayak gambar yang diatas) untuk tujuan akhir Terminal Landungsari. 


Ini nih Terminal Landungsari.
Nyampek Terminal Landungsari, langsung saja cari bus Puspa Indah. Tarifnya kurang lebih Rp 3000 per orang (ini sebelum BBM naik). Pas naik bus, nanti ada kernet yang nanyain kok kalo kita turun di mana. Bilang aja di agrowisata kusuma. Nanti kalo mau sampe, mas kernetnya manggil kita kok. Ngga usah takut tersesat guys. Selagi kita ngga malu untuk bertanya :D

Kalian pasti nanti sedikit bingung, karena kita diturunkan di pinggir jalan, ngga langsung di tempat Agrowisata Kusumanya (maaf nggak sempat nge-foto yang ini, soalnya lagi panik, bingung, campur aduk. Takut nyasar. Hihi). Nanti kita akan ketemu sama 2 jalan, belokan ke kiri dan belokan ke kanan. Kalian pilih yang belokan ke kiri aja, di deket belokan situ juga sudah ada tanda panahnya kok. Tapi, buseeeeeeettt, kurang 500 meter lagi baru sampai tujuan kita. Waow, butuh perjuangan nih untuk sampai sana. Jalannya menanjak, jalan kaki pula. Lurus aja terus, ntar notog ada belokan ke kanan, nah trus lurus lagi. Ntar sampai kok ke Agrowisata Kusumanya.

Fyuhh, capek. Tapi rasa lelah ini akan terbayarkan setelah kita masuk ke Agrowisata ini. Disana ada 2 kebun strawberry sama apel. Mending beli tiketnya yang di kebun strawberry aja, ntar itu udah satu paket masuk ke kebun apel. Kalo bingung tempatnya dimana, coba tanya aja sama orang-orang penjual di sekitar situ. Pokoknya titenane / tanda kalo itu pintu masuk yang ke kebun strwaberry itu, ada kayak semacam pagar berbentuk strawberry ukuran jumbo. Tarifnya waktu itu Rp 60.000 per orang (ini yang paling murah).

Inilah penampakan di Pintu Masuk Kebun Strawberry.
Nanti ada pemandunya kok, kita bisa tanya2 sepuasnya deh sama pemandunya. Pemandangannya bagus, udaranya seger dan adem. Nanti kita akan dapet sayuran gratis lho, tinggal ambil. Udah di wadah-in kok, tapi sayangnya cuma 1 pack/wadah ukuran sedang aja. Tapi lumayanlah, aku ambil yang tomat segar. Satu wadah dapet 4 biji. Kalo kalian ngga mau tomat, ada sawi sama kangkung kalo ngga salah, tapi Cuma dapet seikat aja. Lumayan :D

Di kebun strawberry ini, kita boleh petik strawberry. Tapi ngga sepuasnya sih, maksimal cuma 4 biji. Saran aku, kalo mau kesini pake sandal aja ya. Jangan pake sepatu. Soalnya di dalem kebun strawberry, tanahnya basah dan becek (maaf nggak ada fotonya juga, soalnya nggak sengaja kehapus).

Nah, setelah dari kebun strawberry, kita nanti diajak ke suatu tempat yang banyak kursi2nya. Kita disuruh istirahat dan leyeh-leyeh dulu. Ngga taunya kita dapet agar-agar yang terbuat dari strawberry dan jus strawberry. Jus strawberrynya kecuuttt. Tapi seger kok. Alhamdulillah :D

Yupz, perjalanan ke kebun strawberry telah berakhir. Eitss masih ada satu kebun lagi. Kita nggak perlu bayar lagi, soalnya udah satu paket sama yang tadi. 

Bersambung.....

About Isnanur Utami

Isnanur Utami
Recommended Posts × +

2 Komentar:

  1. kalo untuk dari agrowisata ke stasiun kota baru malang naik angkot apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari agrowisata ngga ada transportasi umum. baru kalo dari Perempatan Batu Town Square (setelah alun2 Batu) nanti cari bis yang menuju ke Stasiun Landungsari.

      Disaranin pake kendaraan pribadi aja.

      Delete