latest Post

Hidupku dan Klub Kesayanganku

And... Goaaaalll!! What a goal! Again, Messi with his briliant goal. Fantastic. (ini kutipan kata si komentator kala Messi mencetak goal keduanya di pertandingan el clasico setelah goal penalty dari Messi sendiri, dan goal pembuka dari Iniesta)

In stoppage time in the second round, the score is 3 for Real Madrid, and 4 for FC Barcelona. This is a great el clasico game.

What a game! Ini adalah pertandingan el clasico kedua di kompetisi La Liga musim 2013 – 2014 yang dihelat di kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu senin dini hari (24/03). Dan kemenangan diraih oleh Barcelona. Woohoo *excited*

Ah, sungguh kemenangan ini adalah kado terindah untukku. Iya, tanggal 23 maret kemaren aku ulang tahun yang ke 19. Dan di ulang tahunku kemaren itu ngga ada satu kadopun yang datang. Hmm, jadi yaa mencoba untuk menyenangkan hati sendiri lah. Anggap aja kemenangan Barcelona ini adalah kado spesial yang diberikan oleh klub kesayangan di hari ulang tahunku. Happy birthday! *malah ngucapin ke diri sendiri*

Hmm, berasa tua ngga ya? Aku pikir sih engga. Soalnya masih belum menginjak kepala dua. Hihi. Tapi aku sekarang udah menginjakkan kaki di semester 4. Itulah yang membuatku sedikit berasa tua. Maklumlah, rata-rata temen-temen se-angkatan udah pada umur 20 – 22 an.

Berhubung di ulang tahun yang ke 19 ini nothing special dan ngga ada kado yang bener-bener nyata, sebagai gantinya, aku pengen nyeritain tentang “hidupku dan klub kesayanganku, FC Barcelona.”

Wajar ngga sih kalo cewe suka sepak bola? Ya mau gimana lagi. Dari kecil aku udah suka. Saudara-saudara sepupuku semua adalah cowok. Dan mereka suka banget yang namanya main bola. Entah main di lapangan atau hanya sekedar main di PS. Aku pun tertular oleh kebiasaan-kebiasaan mereka. Kebanyakan cewek pas kecil kan mereka pada main boneka, masak-masakan, dan permainan-permainan yang berbau cewek lainnya. Tapi tidak denganku, teman bermainku adalah bola. Dan kau tau? Kalo anak cewek yang masih kecil kan suka bersolek, pake gaun, rambut di model-model kayak princess. Tapi entah kenapa aku nggak suka yang kayak begituan. Rambutku malah rambut model potongan cowok, baju pun pake kaos bola. Waktu itu aku pake kaos bola pas jamannya Crespo lagi tenar-tenarnya di Lazio. Dan itu masih terjadi sampe sekarang. Tapi sekarang move on, nggak Lazio lagi, sekarang klub kesayanganku adalah FC Barcelona.

Sejak SMA aku udah suka banget sama klub ini. Di tiap-tiap pertandingannya, aku selalu nonton dan ngga pernah ketinggalan. Hmmm, apa ya, yaa yang aku rasain itu beda. Aku ngga hanya sekedar nge-fans, tapi emang bener-bener mengidolakannya. Bahkan, aku bisa belajar banyak dari pertandingan-pertandingan mereka, kepribadian para pemain, dan lain-lain untuk menjadi panutan hidupku. Kebayang ngga sih, klub sepak bola aja bisa-bisanya sampe merasuk ke dalam hidupku, menjadi motivasi, dan menjadi kebanggaan tersendiri. Soalnya aku memang banyak belajar dari itu semua.

Aku bukan fans karbitan, yang hanya dukung Barcelona disaat menang saja. Di saat kalah pun, aku juga masih tetap sama seperti ketika barcelona menang. Meskipun terkadang, siapa yang ngga sedih sih kalo klub kesayangan kita kalah, pasti sedih. Tapi, jangan sampe lah kita terlarut dalam kesedihan terus menerus. Para pemain akan belajar dari kesalahan dan kekurangan mereka selama pertandingan. Dan mereka akan berusaha untuk lebih baik di pertandingan selanjutnya.

Dan pelajaran-pelajaran seperti contoh diatas itu juga aku terapkan di dalam hidupku, terutama di dalam mengenyam pendidikan S1 ini. Aku pasti pernah melakukan kesalahan di setiap mata kuliah, seperti di kelas speaking yang masih terbata-bata, di kelas writing yang tulisannya ngga jelas, dan sejenisnya. Disinilah, lagi, keputusasaan dan kecewa datang. Putus asa sih boleh aja, tapi jangan kelamaan. Nah, dari hasilku yang sangat buruk di kelas-kelas itu, aku mencoba untuk me-review kembali, apa sih yang menjadi kekuranganku? Salahku dimananya sih?

Para pemain juga giat berlatih dan tanpa mengeluh. Karena para pemain memang benar-benar mencintai sepak bola. Begitupun denganku. Meskipun hidupku sekarang sama sekali ngga bergelut dan ngga ada hubungannya sama sepak bola, tapi aku bisa mengambil pelajaran ini untuk tetap juga terus berlatih. Karena aku adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, aku harus terus berlatih dan berlatih. Berlatih untuk berbicara bahasa Inggris, berlatih untuk mengajar, dan lain-lain.

Semangat para pemain juga aku contoh di kehidupan sehari-hariku. Banyak deh pokoknya. Barangkali ada yang mau menambahkan? J

About Isnanur Utami

Isnanur Utami
Recommended Posts × +

22 Komentar:

  1. hobi kita sama ya,,bedanya gue cuma jadi pendukung setia kesebelasan Jerman tiap x piala dunia. utk klubnya gue jarang pantau. menurut gue gk salah kok cewek suka bola. toh kn gk ada larangan tertulis cewek dilarang menyukai bola. ini soal selera aja kok sob, jd loe gk usah minder ato malu ato jg tkut dibilang beda sama tmn2 cewek loe kalo loe tuh cewek aneh penggila bola. minat n kesukaan org kn beda2,,semangat positif yg ditunjukan sama pemain2 bola yg loe idolain utk jadi motivasi loe sendiri kn buat hidup dgn penuh semangat n kreatif ?? semangat,,entar piala dunia loe dukung Argentina ya ??? *nebak doang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, toss dulu dah kalo gitu (/^_^)/''

      dari jaman temen sekolah SD, SMP, SMA bahkan sampe sekarang pun, ngga ada satupun temen cewek yang suka bola. ada yang bilang pertandingan bola bikin pusing lah, jam tayangnya kemalemen lah, dan lain-lain. heran deh -_-
      dari perbedaan inilah yang menjadi identitas diriku saat ini, yaitu cewe penggila bola *sebutan dari salah satu temen -_-

      hihi, tebakan kak J kurang beruntung. di Piala Dunia nanti aku dukung Spanyol kak :)

      Delete
  2. SELAMAT ULANG TAHUN :) SEMOGA PANJANG UMUR :)
    moga di umur kamu yg ke-19 ini menjadi lebih berkah lagi amin
    siapa bilang kamu tua? aku aja yg udah berkepal 2 bilangnya masih muda kok, hehehee
    cieee yg ngefans sama Barca, aku sih gak begitu suka sama sepak bola jadi ga punya klub kesayangan
    but emang sih semangat2 mereka patut untuk kita tiru dan kita terapkan di dunia nyata, mau itu kuliah, kerja, ibu rumah tangga pokoknya harus semangat, seperti pemain2nya Barcelona, yeyeyeye

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiinn. makasih kak :)

      hihi, soalnya kebanyakan mereka 2 tahun lebih tua dari aku, ya emoga ngga ketularan tua, tapi awet muda dan lebih dewasa :D

      Delete
  3. Sebelumnya saya mau ngucapin selamat ulang tahun yang ke-19 yaa buat kamu, semoga panjang umur dan sehat selalu. Apa yang diinginkan semuanya tercapai. Amin. Kadonya buat kamu doa aja yaa hehe.

    Gaada salahnya kok cewek suka bola. Malah kalo aku lihat cewek yang suka bola itu lebih terlihat eksotis daripada cewek yang mengidolakan boy band. Dari sepak bola kita bisa mengambil banyak pelajaran disana agar terus berlatih dan berlatih untuk mencapai suatu kemenangan. Dan itu bisa kita terapkan dikehidupan sehari-hari. Lah sementara kalo mengidolakan boy band, apa yang bisa kita ambil manfaatnya. Pokoknya salut banget lah sama kamu, cewek yang suka dunia sepak bola.

    Btw kamu fans barcelona ya? Aku sih madridista. So, kemenangan barcelona di el clasico kemarin justru malah bikin sedih. Lagian mainnya juga di santiago bernabeu. Sayang banget klub yang aku idolakan malah kalah di kandang sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiinn makasih yaa ucapan dan doanya :)

      temen-temen cowok sangat mengerti banget tentang hobi ini, tapi temen-temen cewe pada "ogah" banget kalo diajak cerita atau diskusi tentang pertandingan bola semalem. susah banget ternyata nyari temen cewe yang punya hobi sama.

      hehe iya aku fans Barcelona. kalah menang pasti pernah dialami sama klub-klub besar. semoga aja di final Copa del Rey, klub kesayangan kita ada di performa terbaik :)

      Delete
  4. Aku bukan penggemar bola yang fanatik sampai ngikuti klub-klub bolanya juga. Kalau aku sih cuma penggemar bola kambuhan aja. Hahaha. Suka kambuh kalau Piala Dunia (Jerman oye!) atau kalau tim U-19 kita maen tuh. Selebihnya gak pernah nonton.

    Gak ada yang salah kog sama cewek yang hobi nonton bola. Malah keren menurutku. Karena jarang-jarang aja cewek yang fanatik sama bola, biasanya kan hobinya nyalon, shopping dll.

    Oh, ya! Happy Birthday yah :D
    Wish you all the best

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, udah ngga sabar sama Piala Dunia Juni besok,, pasti atmosfirnya beda dan euforia bertebaran dimana-mana :D

      Timnas U-19 emang bener-bener top dah, semoga karir mereka bisa cemerlang dan membawa nama Indonesia ke kancah Internasional. lebih-lebih kalo Indonesia ikutan Piala Dunia *mungkin ngga ya? -_-*

      wah Jerman di Grup G satu grup sama Portugal ya? semoga Jerman bisa ngalahin Portugal ^^

      shopping sih suka, tapi ngga berlebihan.. nyalon pun ya emang pas waktunya potong rambut aja ^^

      Makasih ya atas ucapan & doanya :)

      Delete
  5. Selamat ulang tahun!!, semoga impian yang kamu inginkan tercapai..
    Fans barcelona? hmmm..
    Yaudah deh selamat juga kemenangannya,.. yeyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin makasiih ya :D

      fans Barcelona juga kah? atau jangan-jangan... sampean fans nya Madrid ya? hehe ^^

      Delete
  6. Waduh.. bertentangan banget nih, gua ngefans Madrid. Walaupun kalah, tetep support dong, musim ini kayaknya bakalan treble winner :p

    happy birthday ye..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, tetep respect dong pastinya.. tiap klub, entah sebesar apapun reputasi yang dimiliki, pasti juga pernah kalah. kekalahan memang menyakitkan. see you di final Copa del Rey :D

      makasih kak ^^

      Delete
  7. selamat ulang tahun ya, semoga cita, cinta bisa tercapai dan diberi kesehatan selalu.

    sekarang sepak bola bisa dinikmati semua kalangan, dari anak-anak sampai perempuan. tapi untuk di Indonesia sendiri datang ke stadion mesti dengan rasa khawatir yang tinggi, karena di Indonesia belum bisa memanfaatkan hal ini. masih banyak suporter yang punya pikiran sempit.

    aku sendiri suka banget sama Arsenal, walaupun mainnya angin-anginan. tapi itu bukan alasan untuk ngefans sama Arsenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin makasih ya :)

      iya kadang kalo diajak temen nonton pertandingan langsung ke stadion, suka ngga dikasih ijin sama ortu. karena ya gitu itu, stadionnya masih mengkhawatirkan :(

      kalah menang juga harus tetep support dong.. namanya juga klub kesayangan. kan kita bukan fans karbitan hihi :D

      Delete
  8. hmm...aku kurang paham sih kalo urusan bola..hahaha
    but, bagus banget..ngefans sekaligus memotivasi...jadi bisa bermanfaat di kehidupan dan nggak asal ngefans tuh..

    ReplyDelete
  9. happy birthday to youu...
    happy birthday to youu...
    happy birthday happy birthday, happy birthday to youuuu...
    selamatt ulang tauunnn yaaaakkk, temennya pada kemana emangg??

    soal sekolahmu, aku dulu juga ngalamin masalah yg sama di awal awalnya...dulu aku merasa tersesat karena sebelumnya pgn ke kebidanan..tapi karena ga ada pilihan lagi ya udah aku jalani dan akhirnya emang if there is a will, there is a way..lama lama suka dan u know whatt?? awalnya IPK cuman dikit, di kelulusan aku bisa cumlaude dan skrng jadi guruu!! aku yain lu juga bisa begituuu!! semangattt!!

    soal bola, aku no comment. ga mudeng!! hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yaa..

      tadi siang ternyata mereka baru ngasih surprise-nya. kirain mereka lupa ultahku, hihi. Ini kak, aku ceritain kejadiannya di postingan setelah ini http://every2ndtime.blogspot.com/2014/03/ternyata-surprise-itu-ada-di-ultahku.html

      iya kak, aku berusaha untuk bisa jadi guru sesuai dengan jurusanku sekarang ini. mungkin awalnya susah, tapi aku akan terus berusaha :)

      hihi, never mind kak :)

      Delete
  10. Hahaha.... kerenss ajibs... (y) gue suka semangatnya...
    Gue suka lo bisa jadiin kemenangan, dan perjuangan barcelona jadi motivasi hidup kamu...
    Suka Nobar ??

    AYO AYO BARCA....

    sebenarnya gue ngga terlalu ngikutin perkembangan klub sepak bola
    Tapi gue suka ngeliatin orang pas lagi nonton bareng... teriak ampe guling-guling salto salto..

    sumpah gue ngakak.. ngeliat teman2 gue yg ngefans ama Real.. gue ngga tau dia sedih karena klubnya kalah,, atau kalah taruhan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, jarang banget aku nobar, soalnya ngga diijinin ortu. kalo diijinin pun juga nobarnya ditemenin sama kakak sepupu cowok :(

      kadang-kadang juga aku teriak-teriak sendiri, histeris sendiri kalo klub kesayangan kebobolan. apalagi pertandingan bolanya selalu kick off di malam dini hari. kadang suka diomelin adek, gara-gara aku berisik banget :D

      hmm entah kenapa, supporter madrid atau bahkan beberapa pemain madrid banyak yg nyalahin wasit di pertandingan kemaren. padahal barca juga sering bgt dirugiin wasit. kalo aku sih, kalah menang ngga masalah. pokoknya tetep support :D

      Delete
  11. Sebelumnya aku mau ngucapin... SELAMAT ULANG TAHUN :* Maaf telat. Tapi gpp ya, lebih baik terlambat daripada engga sama sekali, wkwk. Semoga panjang umur, sehat selalu, dan apa yg diinginkan tercapai. AMIN!

    Hmm, kamu cewek? Tapi suka bola? Gak ada salahnya kok. Toh banyak cewek yg suka bola. Tapi aku gak termasuk sih, hehe.

    Semangat terus kuliahnya yaaa~ Kalo kamu berusaha kamu pasti bisa kok! Ayo, semangat! Jangan sampai semangatmu padam :)

    ReplyDelete
  12. Ulang Tahunnya samaan dan bener, kemenangan Barcelona ini kado terindah tahun ini. Dengan kemenangan ini, pahitnya jomblo jadi terasa hambar. Apalagi waktu itu nonton bareng Cules Bandung, indah banget dirayain dengan banyak Flare dan nyanyian kemenangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk bisa jadi kemenangan Barcelona juga kemenangan para Cules jomblo #eh

      kamu Cules Bandung kah?

      Semoga UCL leg 2, Barcelona bisa meraih kemenangan :)

      Delete