latest Post

The Power of Introvert

Entah kenapa, rasanya hati ini kalo melihat status Facebook yang beginian kadang suka kesel sendiri,


Seburuk itukah seseorang yang memiliki sifat pendiam? Sampai-sampai orang pendiam pun harus dikucilkan, dan harus dijauhi? Hey, ngga semua orang pendiam itu meneng-meneng ndelendem. Maksud dari kata-kata bahasa Jawa barusan ini kurang lebih artinya kayak gini: orang itu punya sifat pendiam di dalam dirinya, tapi dibalik sifat ‘diam’ nya itu muncul suatu glagat yang mencurigakan. Glagat yang dimaksud ya lebih dominan ke hal-hal yang negatif sih. Kurang lebih kayak gitu.

Mungkin ada beberapa orang pendiam yang juga punya sifat pemalu. Tapi ketahuilah, meskipun mereka pendiam, mereka juga punya semangat yang tinggi untuk bisa mengurangi bahkan menghilangkan sifat pemalu mereka di depan umum, untuk meraih apa yang mereka impikan.

Pendiam itu identik dengan Introvert. Dan aku baru ngeh dengan kata ‘Introvert’ itu dari dosenku seminggu yang lalu. Kata dosenku, “Setiap orang pasti beda. Ada yang Introvert dan ada juga yang Extrovert. Kita ya ngga bisa menyalahkan kenapa orang Introvert bisa hidup di dunia ini tanpa terkena seleksi alam dari orang-orang Ekstrovert? Maksud saya begini, sebenarnya ada yang salah ketika menjadi Introvert dianggap salah. Masyarakat akan merugi jika hal ini terjadi. Dunia sebenernya membutuhkan manusia Introvert yang juga dapat berkarya semaksimal manusia Extrovert. Kita harus memahami bahwa Introvert bukan tentang masalah bahwa dia ngga bisa bersosialisasi. Bukan berarti seorang Introvert selalu memiliki sifat pemalu. Ini hanya permasalahan tentang bagaimana seseorang merespons sebuah rangsangan atau stimulasi. Jika seorang Extrovert mendambakan interaksi sosial, Introvert lebih nyaman ketika merasa sendiri.”

Deg! Bener juga apa kata bapak ini. Disaat aku lagi sumpek, aku lebih suka menyendiri. Kesendirian adalah salah satu kunci untuk menemukan kreativitas. Tapi ya cara menyendirinya ngga kayak orang lagi bertapa di gua juga kali, melainkan biasanya aku pergi jalan-jalan sendiri, menikmati suasana kota Surabaya sambil menghafal jalan. Kalo lagi di Sidoarjo ya biasanya aku suka ke Pazkul (tempat tongkrongan anak mudanya Sidoarjo) di Kahuripan Nirwana sendirian. Padahal kebanyakan yang nongkrong di tempat ini ya pasti dateng rame-rame, atau paling ngga ya sama pacarnya. Tapi aku? Ah, ya sudahlah.

Aku mulai penasaran. aku pengen tau lebih jauh tentang Introvert. setelah googling-googling, akhirnya aku dapet buku bagus tentang Introvert, judulnya The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking by Susan Cain. Dan inilah kata-kata yang sedikit aku kutip dari situ,

Kutipan dari buku The Power of Introverts




Tak ada yang salah dengan menjadi Introvert. Pemimpin-pemimpin besar di dunia ini kebanyakan adalah orang introvert, sebut saja Bill Gates, Abraham Lincoln, Eleanor Roosevelt, Mahatma Gandhi, dan Albert Einstein. Tanpa kehadiran orang-orang Introvert, keseimbangan dunia tak akan tercapai. Orang Introvert memiliki keunggulan dalam menciptakan hubungan yang selaras dengan minim konflik. So, bersyukurlah jika anda adalah orang dengan kepribadian Introvert. Siapa tau nantinya akan menjadi pemimpin dunia yang berikutnya.


I think that’s all. Tolong hapuskan persepsi kalian bahwa berteman dengan orang Introvert itu ngga asik. Mereka juga manusia, butuh teman dan juga menjalani kehidupan layaknya orang-orang pada umumnya. Siapa tau kalian yang bukan Introvert, bisa membuat para Introvert menjadi lebih percaya diri untuk menjalani kehidupannya. 

About Isnanur Utami

Isnanur Utami
Recommended Posts × +

50 Komentar:

  1. Dear Isna. Anak temanku yang kelas 3 SMK sejak kecil punya sifat pendiam. Bawaan orok karena kala mamahnya hamil, alami masalah yang sulit. Dan sampai sekarang temanku ngeluh bingung menghadapinya. Apa-apa selalu pendiam dan tertutup. Aku lihat status di FB-nya saja jarang berkoar kalau gak perlu. Tapi ia cerdas dan peringkat 2. Juara lukis di sekolahnya. Bisa menulis aksara bagus. Cepat menyerap. Ia suka ketenangan. Bergaul dan punya banyak teman. Tapi bukan jenis orang yang suka konflik. Gak benar loh orang pendiam akan menjatuhkan! Aku juga sejujurnya termasuk separuh ekstrofer separuh introfer. Lebih suka keenangan dan gak suka berada di keramaian. Tapi aku juga suka gaul dan dibutuhkan. Bisa terbuka sekaligus tertutup. Gak suka konflik tapi gak terima jika dijahati. Kadang juga aku alami semacam kebingungan kala membaur dalam lingkungan ramai yang bikin gak nyaman. Munglkin juga karena telingaku yang gak berfungsi bikin aku demikian. Tapi sebagai orang introfer, aku juga bisa terima curhatan kawan dan siap jika dibutuhkan. Gak nyaman berhadapan dengan orang full ekstrofer yang cablak. Itulah sulitnya adaptasi dalam interaksi lingkungan. Bagusnya, aku selektif pilih teman. Dan rata-rata orang kaleman. Ada yang heboh tapi bisa menempatkan diri hingga aku nyaman. Intinya, dalam pergaulan lingkungan sekitar, kita meski bisa saling menerima dan memberi. Jangan menghakimi.
    Tulisan bagus dan bermanfaat. TETAP SEMANGAT!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak. meskipun saya dikatain dosen saya Introvert, tapi alhamdulillah aku masih punya teman dan masih bisa berbaur dengan temen-temen lain. di postingan ini aku cuma pengen meluruskan tentang anggapan seseorang yang pendiam mbk. biasanya kan selalu dianggap sebelah mata.

      ya mbak aku tetep semangat kok :)

      Delete
  2. bener tuh isna,,gue juga pendiem bahkan sering jg disindir dgn kalimat diem2 makan dalem, pikiran org2 itu gk kebuka sih dan melihat kita para pendiem ini dari sudut sempit otak mreka yg kecil. nice post, ternyata gue baru tau gk cuma gue aja yg ngalamin hal2 dari sifat pendiem yg dianggap aneh sama kebanyakan orang. :) besok2 kalo dosen bahas masalah Intovert lagi kasih tau gue ya, gue pengen tau lebih jauh nih lewat isna

    ReplyDelete
    Replies
    1. masak sih kamu pendiem? kayaknya kamu kalau di blog kek semangat dan blak-blakan gitu.
      ternyata dunia maya dan nyata beda ya.

      Delete
    2. iya kak J, jaman masih sekolah SD, SMP, SMA sampe kuliah sekarang selaluuu aja ada yang bilang "kamu lho pendiem". tapi aku cuma membalasnya dengan senyuman. iya, aku menyadarinya. tapi bukan berarti orang pendiem ngga bisa punya teman kan? alhamdulillah aku masih bisa punya teman, entah teman dekat atau temen biasa. mereka yang bilang pendiem ke aku kebanyakan adalah mereka yang hanya tau aku sekilas aja.

      sip kak J, kalo ada lanjutannya, nanti aku share :)

      Delete
    3. kak Haris Luqman Hakim:
      mereka yang hanya tau aku hanya sekilas aja yang biasanya ngatain aku pendiem.

      ya terserah kakak menilainya kayak gimana hehe :)

      Delete
    4. Lukman : iya ,,justru gue gak nemuin orang2 yang mulutnya ember malah ketemu sama org pendiem, jadinya gue gak punya temen ngobrol . katanya orang pendiem kalo di ajak ngobrol entar dibilang sok akrab jadilah gue pendiem juga,,,, sipp Isna,,ditunggu

      Delete
  3. terima kasih udah nulis ini buat saya ya :D. hehehehhe soalnya saya pendiam. tapi gak pinter sih. hehehe.

    waow ternyata banyak tokoh2 dunia introvert.

    introvert ini kalau dilaki-laki jaman sekarang sama dengan cool kali yak.. kayak AL anak nya dhani. dia kan pendiam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersyukur aja kak. kita harus bisa buktikan kepada dunia kalo orang pendiem itu bisa sukses, ngga kalah sama orang-orang Ekstrovert :)

      just be yourself..

      Delete
    2. iya harus dong ya :D masa kita pendiem harus dikucilkan.

      Delete
  4. Yaahhh... saya setuju banget dengan isna... gak semestinya kite memperlakukan orang2 introvert berbeda... menganggap mereka tak di ajak asik berteman... padahl meskipun pendiem menurut sy mereka sprt it krn lebih menikmati dunianya dalam sepi dibandingkan saat mrk berada dlm keramaian.. masing2 individu kan berbeda .. so mustinya memang kt bs hrgai orang2 sprt mrk tanpa menyindir atw membicarakan merek:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. biasanya anak pendiem suka dipandang sebelah mata sih. semoga orang-orang bisa menghargainya. ngga perlu membeda-bedakan :)

      Delete
    2. Iyaa....setiap individu kan berbeda.. semoga saja.. aamiinn

      Delete
  5. yah... Introvert bagi saya adalah suka menyendiri, yah... saya juga udah tau dikit ttg introvert sebelumnnya, jadi rata2 org introvert otak kanannya lebih wah dari pada yang lain, dengan sendiri dia bisa menghayalkan hal2 yg kreatif, dengan sendiri ide2 kreatif bisa muncul dengan sendirinya..

    yah saya jg introvert

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo kalo masalah kerja otak kanan orang introvert kebanyakan, aku malah baru tau nih hehe..

      Delete
    2. yah.... olangnya kleatip gitu deh :D'

      Delete
  6. kalo buat aku sih..introvert itu menarik kok...cuman kadang orang introvert punya idealisme yang nggak bisa dishare sama orang lain...
    lebih ke "kemampuan buat menghadapi masalah" sih...kalo introvert lebih suka menyendiri dan memendam masalahnya, ekstrovert lebih suka cerita masalahnya ngalor ngidul.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh bener bgt. seorang introvert punya kelebihan yang ngga dipunyai orang-orang Ekstrovert kebanyakan, yaitu bisa memendam masalahnya sendiri bahkan berusaha untuk bisa nyelesein masalahnya sendiri tanpa diumbar-umbarkan ke orang lain. dan aku juga merasakannya..

      Delete
  7. berarti pemahamanku soal introvert ini agak sedikit meleset ya. aku ngiranya dulu kalo introvert itu orang yang ga terbuka dalam hal menceritakan sesuatu. masalah perasaan misalnya.
    hmm.. kalo gitu aku juga introvert dong. soalnya aku lebih doyan di kamar kos sendiri terus nulis di blog, daripada harus nongkrong sama temen2. bukan berarti aku ga doyan nongkrong, tapi aku ga diajakin ! hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada saatnya orang introvert itu juga terbuka, tapi dia mencoba mencari waktu yang tepat untuk menceritakan masalahnya ato apapun itu kepada orang lain, lebih tepatnya ke teman dekat. biasanya sih gitu...

      kasian banget siyy, kalo malem minggu nanti pasti ada yang ngajakin, heheh..

      Delete
  8. mereka orang-orang yang Introvet lebih nyaman dengan kesendirian, asalkan jangan sampai di kira mereka itu orang yang aneh juga.
    mereka malah terlihat unik kan, dengan sifat diam dan tertutup malah berprestasi.
    tapi gimana juga, kadang kalau melihat orang yang cuma diem aja kelihatan enggak asik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang kesulitan buat cari teman, ada yang bisa berbaur dengan orang, tapi ngga bisa terbuka, dan lain-lain.

      iya persepsi orang kan beda-beda kak..

      Delete
  9. saya setuju banget sama postingan ini.pendiam kan gak selamanya bener2 pendiam.
    ada beberapa org yg tipenya lbih suka jadi pendengar drpd pembicara. mngkin krna udah bawaannya,fktor lingkungan...
    memang bener, kita gak boleh ngejudge seseorg sblm tau pribadi aslinya.
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang pendiem juga ingin keluar dari zona introvert. dia juga ingin bisa kayak orang ekstrovert. namun itu semua butuh proses dan waktu yang lama.
      semoga dengan postingan ini, orang-orang introvert bakal lebih percaya diri untuk menjalani hidup :)

      Delete
  10. tidak semua orang yang mempunyai karakter pendiam itu berbahaya, mungkin orang pendiam itu tidak suka perdebatan, dan bisa jadi orang pendiam itu lebih suka mendengarkan apa kata orang dari pada berbicara.

    bagus postingannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, orang pendiem lebih suka mendengarkan daripada berbicara. mungkin porsi ngomongnya ngga sebanyak Ekstrovert. tapi percayalah, orang pendiem ngga seburuk yang orang-orang pikirkan :)

      Delete
    2. iya mbak gue percaya, ga semua pendiam itu buruk .

      Delete
  11. Introvert emang gak seburuk itu, bener kata dosennya.

    Biasanya sih orang yang liar di dunia maya padahal di dunia nyata orangnya malah jinak banget, kebanyakan diem daripada ngomong, mereka lebih enak nyimak daripada ikutan ngobrol.

    Saya juga introvert, lebih banyakan diam daripada ngomongnya, apalagi kalo udah kecipirit lebih baik diam daripada ngomong sama orang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kesimpulannya, orang introvert lebih suka kedamaian dan ngga seburuk yang orang pikir :)

      Delete
  12. Oh gitu ya orang introvert. bau tau nih.
    makasih buat pencerahannya :D

    ReplyDelete
  13. Kalo menurut gue sih orang pendiem itu ada dua tipe. Yang pertama diem karena emang pada dasarnya anaknya mempunyai sifat pendiam. Yang kedua mereka diem mungkin karena lingkungannya, mereka gak suka dengan lingkungannya dan memilih untuk diam. Itu kalo menurut gue.

    Tapi ga selamanya orang diam itu jahat kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang mereka2 yang ngga punya hati suka ngucilin anak pendiem. nah gitu itu yang bikin aku kesel...

      Delete
  14. saya pendiam klo di lingkungan baru dan orang2 yang belum terlalu dikenal, tapi klo di internet sih malah bocor

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi sama deh kalo gitu. tapi lama kelamaan juga ngga se pendiem yg pertama waktu masih baru :)

      Delete
  15. Wah, ternyata aku termasuk orang introvert ya?

    Aku orangnya gak suka tempat yg rame, apalagi tempat rame yg banyak orang asingnya. Rasanya gak nyaman aja gitu. Aku lebih suka sendirian. Aku juga orangnya susah bersosialisasi, tapi itu hanya berlaku di real-life. Kalau di dumay sih... Menggila, wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi yang penting ambil positifnya aja deh :)

      Delete
  16. hihi aku juga bisa dibilang introvert sih, kalo diblog ngomongnya panjang lebar segala macem.
    kalo aslinya sih di lingkungan baru lebih suka diem hahaha

    ga usah terlalu dipusingin juga, yg penting gimana pembawaan kita ke orang sekitar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi diri sendiri lebih nyaman daripada harus denger omongan orang yang sifatnya menjatuhkan :)

      Delete
  17. dulu aku juga orang introvert. dan kebanyakn temanku adalah ekstrovert. saling melengkapi aja.

    sekarang aku ekstrovert, temanku introvert. Dan kadang-kadang, justru yang berbeda itu bisa menyatu. Bayangkan bila semuanya ekstrovert, betapa ramainya dunia ini. Atau semuanya introvert, betapa sunyinya dunia ini.
    hihihi

    Yuk, saling menerima, saling berbicara, saling memahami :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itulah, perbedaan membuat hidup kita saling melengkapi..

      Delete
  18. ehh selain kedua kepribadian itu ada campuran antar keduanya. duhh.. gue lupa namana. haha
    gue juga introvert nih. tapi biasa-biasa ajah, gak perduli orang mau ngomong apaan.

    yang penting nggak nyusain orang lain ajah sih, kalo urusan prestasi tergantung individunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga lupa namanya -__-

      yup kak, jadi diri sendiri emang lebih enak, gak peduli orang2 pada ngomong apa, yang penting di ambil positifnya aja :)

      Delete
  19. Aku juga introvert, belum lama sih kenal istilah itu. Setelah baca2 referensinya di internet, tes kepribadian online. Ternyata lebih condong ke introvert. Haha.. Introvert bukan pemalu, hanya dia lebih nyaman dengan kesendiriannya. Sama halnya dengan ekstrovert yang lebih nyaman jika berada di tempat ramai. Dunia ini lebih didominasi oleh orang ekstrovert, makanya introvert sering dikategorikan sebagai pemalu, anti sosial dan semua yang terdengar agak buruk.

    Introvert bukan anti sosial, dia hanya lebih selektif memilih tempat bersosialisasi. :)

    ReplyDelete
  20. Introvert bukan sebuah masalah,aib,atau sesuatu yang negative.. banyak dari temen sya yg introvert tp yo wess toh itu udah jadi kepribadian mereka seperti itu,yang jelas jangan sampai mereka dikucilkan karena lebih sering sendiri ...
    Kalo bisa dibiling sya dulu termasuk sosok introvert,tp setelah masuk di dunia kerja dan kuliah,akhirnya sya memutuskan untuk lebih bisa beradaptasi dan bersosialisasi,alhasil itu jauh lebih nyaman ketimbang harus menyendiri :D

    ReplyDelete
  21. emang bener kadang setiap orang butuh menyendiri.. gua sebenernya lebih ke orang yang ekstrovet yang ga nyaman kalo ga berinteraksi sama orang lain.. tapi itu dia kadang ide sama kreativitas ga muncul kalo di tengah ke ramaian

    makanya kadang orang juga butuh menyendiri buat sekedar nyari ide lah.. merenungi nasip.. atau meng ingtropeksi diri hoho

    ReplyDelete
  22. Seorang introvert biasanya memang pendiam, jarang bergaul dan sering disibukkan dengan dunianya sendiri sehingga kurang peka pada dunia luar, mereka tahu yang mereka mau namun sulit memaparkan kepada orang lain. Hal ini juga yang biasanya menyebabkan seorang introvert memiliki sedikit teman. Akan tetapi jika dia telah memilih seseorang sebagai temannya, biasanya persahabatannya sangat kuat dikarenakan introvert cenderung setia.

    ReplyDelete
  23. iya aku setuju cc...walo emang kalo pendiam jadi kurang bersosialisasi tapi juga belum tentu cenderung ke hal negatiff..bahkan terlalu extrovert juga nggak baik khan...katanya silence is a gold..jadi ya tergantung orang..tapi baiknya emang introvert juga jangan terlalu, extrovert jga jangan terlalu. yang pas ajah :)

    ReplyDelete
  24. Ngerasa beruntung banget bisa nemu postingan ini. Makasih ya Isna :)

    Aku setuju banget. Berhubung aku emang orang introvert, jarang ngomong, harus dipancing duluan kalo mau ngomong, pokoknya nggak bisa ngomong di depan umum. Bukan nggak bisa sih, tapi susah. Harus dilatih berkali-kali. Untungnya sekarang udah nggak separah dulu. Ini kok malah jadi curhat ya-___-

    Aku suka kata-kata terakhirnya. Introvert bukan berarti nggak asyik. Mereka tetep butuh temen. Meskipun kadang lebih asyik sendirian, tapi kan namanya manusia nggak bisa ya berjalan sendiri.

    Nice post. Izin save page ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus deh kalo kamu ada kemajuan. aku juga sedikit demi sedikit ngga terlalu pendiam banget kayak dulu :)

      semoga postingan ini bisa bermanfaat :)

      Delete