latest Post

Aku Gelisah, Bukan Galau

Aku gelisah, bukan galau.

Semalem aku mencoba fokus untuk menuntaskan deadline tugas yang bisa dibilang sudah mepet. Dengan ditemani laptop dan kertas-kertas yang sedikit berserakan di lantai di sekelilingku, aku memantapkan tekadku untuk menyelesaikannya malam ini juga. Mulai dari bikin essay, bikin critical review jurnal yang berbahasa Inggris, sampai bikin sejenis kayak lesson plan untuk bekalku mengajar di hari Selasa nanti.

Beberapa jam kemudian aku mulai frustasi. Aku ngga tau essay yang aku buat ini udah sesuai dengan apa yang diharapkan dosen apa belum. Agak jengkel juga sih sebenernya kalo nulis tulisan academic writing. Banyak rules-nya yang harus diteliti, dipahami, dan dipake untuk bisa menghasilkan sebuah essay ato tulisan yang sesuai harapan dosen. Judul-judul untuk essay yang aku buat pun banyak yang ditolak. Astaga, padahal ini cuma ngajuin judul buat essay. Entah gimana ya nasibku nanti kalo udah waktunya untuk ngajuin judul skripsi? Ah, aku berharap semoga kejadian penolakan ini ngga akan terjadi saat skripsi itu tiba.

Belum lagi bikin critical review untuk jurnal. Kata-kata yang ada di dalam jurnal berbahasa Inggris yang aku baca menurutku terlalu tinggi dan butuh waktu lama untuk paham isi dari jurnal itu. Dan untuk membuat critical review juga harus ada rules-nya juga. Mungkin otakku emang yang agak ‘lain’ kali ya. Memang harus ku akui, kalo untuk masalah yang satu ini, otakku sedikit lelet. Loading-nya lama banget. Istilahnya nyandak-nya itu susah minta ampun. Ngga apa lah. Itu membuktikan kalo aku sedang berproses untuk bisa. Namanya juga belajar, pasti ada proses. Untuk masalah hasil, mungkin aku belom kepikiran untuk hal itu. Ah, mahasiswa macam apa aku ini? apakah aku semacam mahasiswa abal-abal? Tuhan, padahal aku suka banget dengan bidang ini, tapi kenapa ada aja hal-hal yang bikin aku jadi minder dan lemah di bidang ini?
Dan satu hal yang bikin rambutku sedikit demi sedikit rontok dan berceceran di lantai adalah... bikin lesson plan.

Lesson plan adalah sejenis perencanaan kegiatan belajar mengajar. Dan aku harus wajib membuatnya dan melakukannya, karena ini tugas UAS di mata kuliah TEFL. Aku wajib ngajar. Kalo ngga ngajar, aku bakal dapet nilai E, dan akhirnya ngulang. Naudzubillah, semoga diberikan kelancaran.

Pusing? Iya.

Ah, dosennya ada-ada aja deh. Belom waktunya PPL aja, udah disuruh beginian. Ya sih, efek positifnya itung-itung bisa dibuat bekal kita nanti sewaktu PPL, tapi mbok ya jangan sekarang. Aku belum siap K

Tugas UAS di mata kuliah TEFL ini adalah kita harus mengajar bahasa Inggris yang targetnya adalah anak-anak jalanan. Saat kita mengajar nantinya bakal direkam, dan hasil rekaman itulah yang akan dikasihkan dosen sebagai penilaian mereka.

Belom-belom aku udah memikirkan hal buruk yang terjadi nantinya. Duh, gimana ya kalo anak-anak itu ngga interest sama apa yang aku ajarkan? Gimana ya kalo nanti aku gugup terus ngajarnya jadi belepotan? Gimana ya kalo aku gagal di mata kuliah ini? Aaargh!

Semoga saja Tuhan memberikan kelancaran dan kemudahan. Aku hanya berharap hasil positif. Aku ngga berharap pengen dapet nilai tinggi. Kuliah itu bukan cari nilai, tapi cari ilmu. Jadi, aku ngga takut dapet nilai jelek, tapi aku takut kalo ngga lulus. Bismillah.

About Isnanur Utami

Isnanur Utami
Recommended Posts × +

25 Komentar:

  1. semangat ya, dan juga jangan takut dulu.
    coba berpikir positif, nanti hal-hal yang positif bakal ngikutin kok.
    anggep aja ini tantangan yang harus ditaklukkan.
    *aseeek, omongan gue dewasa juga. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. emang omongan kamu bener banget kok. harus tetep semangat dan positive thinking... dua hal penting yang harus ada disaat kita ingin meraih kesuksesan :D

      Delete
  2. Kak Isna kalo udah mulai pusing main PS aja udah.. haha.. lumayan kan ngerefresh otak.

    Meskipun beda konteks, aku juga sungguh sedang banyak pikiran yang mengganggu akhir-akhir ini. Mirip kayak gitu lah, cuman masalahnya aja yang beda. Kalo aku lagi digalauin sama uang tabungan yang mulai habis sedangkan gak mungkin minta uang sama ortu terus, mau nyoba2 nyari kerja, tapi males banget rasanya liat lowongan yang gitu-gitu, enggak sebidang. Terus juga lagi nunggu pengumuman kelulusan Smk, Snmptn, terus kalo ga lulus snmptn, pengen ngoba sbmptn, tapi kan.. yang diujikan bakal lebih sulit dari un karena yg diujikan materinya Sma. Ah, sungguh semua ini bikin galau. *sorry malag curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya, PS an adalah salah satu cara untuk menyegarkan hati dan pikiran.. dan itu masih menjadi obat mujarab saya untuk kembali bersemangat :D

      semua itu harus dijalani Hud. aku juga pernah ngalamin seperti yang kamu alami sekarang ini. pokoknya yang terpenting kamu musti semangat dulu, namanya juga hidup, kegagalan biasanya sering menghantui. tapi kalo kamu punya tekad yang kuat dan punya semangat untuk kerja, nanti endingnya bakal berakhir indah kok. aku pernah ngalamin, jadi gambarannya seperti itu lah hehe

      oh iya, pengumuman kelulusan UN besok ya? semoga dapet hasil yang memuaskan ya..

      Delete
  3. bagus tuh targetnya anak-anak jalanan. itu tantangan berat buat kamu. walaupun mungkin akan lebih sulit. jangan bayangkan hal yang akan mempersulit. itu hanya akan membuat kamu terbebani dalam menyelesaikan tugas yang ada saat ini. gimana nantinya anak-anak itu ya tergantung dari cara kamu mengajar nantinya. rencanakanlah dari sekarang. kuliah emang gak cuma buat cari nilai. tapi dari kuliah ini pastikan kamu mendapatkan pengalaman yang baik untuk menempuh jenjang setelah masa perkuliahan itu sendiri. semangat ya! semoga dilancarkan semuanya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang juga putus asa selalu datang disaat yang ngga tepat, tapi memang kalo berlama-lama putus asa, kapan majunya?

      amiinn makasih ya motivasinya.. ^^

      Delete
  4. kalau ngajuin judul bakal lebih ribet sekali... yakinlah :D .



    kalau masalah PPL sih... sebenernya gampang kok, emang awalnya ajah yang grogi, tapi selanjutnya akan asyik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku yakin akan hal itu kok mas..

      hihi, aku kira PPL itu momok yang mengerikan ^^
      soalnya temen2 kalo cerita tentang PPL selalu horor. yang dapet murid bandel lah, apa lah.. tapi aku yakin, kalo udah cinta ke bidangnya, insya Allah akan ada jalan ^^

      Delete
  5. ehh kok sama sih ini mata kuliah apprenticeship bukan??
    iya sih gue juga lagi disuruh ngajar gituh,ngajar anak SD, terus di rekam dan hasilnya dibikin jurnal penelitian. tapi mnggu kemarin udah selesai dan rencananya mau dituntaskan minggu ini.

    awalnya emang berat sih, tapi lama2 jadi biasa. emang yang di kejar nilai tapi jangan terlalu dibikin pusing selau ajah. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mata kuliah TEFL 2 kak.. apprenticeship itu sejenis ngajar juga kah? soalnya aku belom dapet mata kuliah itu..

      iya kak, kayaknya berat banget. tapi, slow but sure aja deh :D

      Delete
  6. Semangaaatt... jangan frustasi, ntar cepet Tuuu*aaaa,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi oke fix :D
      tapi jadi tua itu memang suatu keharusan :D

      Delete
  7. wah tugas dari dosen menantang banget tuh!

    Ngajar bahasa Inggris yang targetnya adalah anak-anak jalanan.trus direkam, dan hasil rekaman itu bakal dinilai ma dosen.
    semangat ya kamu pasti bisa donk :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saking menantangnya, jadi deg-deg an juga nih.. iya insya Allah, semoga dikasih kelancaran ^^

      Delete
  8. Wow jurusan keguruan banyak banget ya tugasnya. Haha.. Tapi sama aja sih, gue di akuntansi juga banyaaaakk banget. :D
    Jangan terlalu ribet mikirin tugas, sekali-kali bersantailah sejenak, toh jadi guru juga passion kan? Haha.. Jadi nikmati sajalah tugas2 mengajar itu. Mengajar itu kan menyenangkan. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya, ini passion.. semoga dimudahkan segalanya.. ^^

      Delete
  9. Ya, jurusan keguruan memang membutuhkan kesabaran lebih. Apapun tugasnya, ya sebaiknya kita kerjakan lah sebagai mahasiswa/i yang baik:D

    Sabar yak *pukpuk


    Ssst...mau gelisah atau apa, itu sama aja GALAU:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sepertinya harus sabar untuk menghadapinya..

      tapi galaunya bukan galau tentang cinta, jadi konteksnya beda hihi :D

      Delete
  10. do'anya gw aminin dulu :)

    gw setuju dengan kata-kata diakhir itu,
    lebih baik hasil yang positve dari pada mengharap yang lebih dan akhirnya nanti mngecewakan. sungguh bijak dirimu Isnanur :)

    btw, sabar yak buat ngadepin tugas-tugas kuliahnya.
    tetap semangat ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah diaminin :D

      yaa semangat itu haruuss :D

      Delete
  11. Semangat yah. Posisi kita sama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu juga mahasiswa keguruan?

      semoga kita semua dberi kelancaran :D

      Delete
  12. kak, btw ini tema blog nya ganti yaa. biasanya kan ada barcelona nya, sekarang udah gaada. kenapa kak? udah ga dukung barca lagi ya soalnya musim ini barcelona ga juara? wkwk. makanyaa dukung real madrid aja kak sama kayak aku.

    kalo masih di tahap belajar itu wajar kak kalo sulit, namanya belajar kan mempelajari yang belum bisa. ntar kalo udah bisa kan bisa lancar. yang terpenting kakak jangan ngeluh aja deh. semua pasti ada kemudahan kok dibalik suatu kesulitan hehe. sok bijak banget ya gue.

    waah kakak ternyata calon guru bahasa inggris yaa. semoga dilancarkan yaa tugas mengajar anak-anak jalanan itu. semoga suatu saat bisa menjadi guru bahasa inggris yang hebat amiin. semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. meskipun ngga juara, dan meskipun ngga dijadiin tema blog, yang penting barca selalu di hati XD

      kata-kata bijakmu bener kok Za.. amiinn makasih yaa :D

      Delete
  13. jadi inget pas kuliah juga cc, aku juga dulu bahasa Inggris dan emang suka bikin kepala kopyorr, tapi nggak nyandak adalah nyandak yang tertunda kok, yang pnting rajin aja, pasti bisa lulus kayak akuuu... :D

    semangatttt!!

    ReplyDelete