latest Post

Lagu Lawas

Belakangan ini kupingku lebih sering terdengar lagu-lagu lawas yang menurutku ngga kalah keren sama lagu-lagu jaman sekarang. Dan aku suka itu. Beberapa minggu yang lalu, ibuku ulang tahun, dan aku memberikannya sebuah hadiah. Ngga spesial-spesial banget sih, cuma sebuah handphone yang sederhana. Fitur sederhana, keypad yang sederhana, serba sederhana. Cuma ada fitur sms, telpon, dan radio. Ngga ada kamera dan bukan layar touch screen. Maklum, beliau bukan seorang selfiers dan narsisers. Dan beliau ngga jago nyentuh-nyentuh layar kayak hape canggih jaman sekarang. Kalo nyentuh bumbu dapur dan bahan makanan untuk dimasak sih emang beliau jagonya :D

Se-sederhana apapun hadiahnya, syukurlah beliau suka dengan hadiah yang aku kasih. Sejak itulah, beliau suka dengerin lagu dari fitur radio yang ada di hapenya. Selera beliau masih sama seperti jaman muda dan jaman waktu aku kecil dulu. Beliau suka banget dengerin lagu-lagu lawas, entah lagu Indonesia atau lagu barat. Katanya sih hati beliau berasa tentrem, ayem, dan kepenatan yang ada di dalam diri beliau sedikit demi sedikit bisa hilang. Sesekali lagu-lagu yang diputer di radio juga ada yang ngga asing terdengar olehku.

Lagu lawas bukan berarti jadul, ngga keren, dan ngga up to date. Persepsi kayak gitu itu jelas salah. Coba bandingkan antara lagu lawas yang era 80-an sama yang era sekarang. Beda jauh sih memang. Dan perbedaannya banyak. Kalo mengkaitkan tentang melodi musik dan iramanya, jujur lebih keren dan lebih kreatif musik sekarang. Tapi lagu lawas juga ngga kalah keren. Alunan piano, drum, bass, dan gitar yang menyatu, dan juga suara vokalis yang khas, membentuk sebuah irama lagu yang beuh, keren lah pasti. Contohnya, lagu-lagu dari Ebiet G. Ade aja enak didengar. Gelas-gelas Kacanya Nia Daniati juga salah satu lagu favoritku. Lagu barat kayak My Endless Love, dan lagu-lagu lawas barat yang lain juga punya ciri khas sendiri yang bikin lagu tersebut easy to listen.

Entah kenapa, menurutku lagu lawas is numero uno. Hati ini lebih memilih lagu lawas, meskipun di dalam playlist hapeku ngga banyak-banyak amat mengoleksi lagu lawas, tapi emm gimana ya, berasa kayak di dalam diriku ini mengalir jiwa-jiwa lawas gitu deh. Eh, ini cuma lagu aja kok yang lawas, kalo orangnya sih ngga termasuk lawas. Angkatan ’95 ngga lawas-lawas banget kan?

Lagu lawas perlu dilestarikan. Biar para penikmat musik di Indonesia punya banyak referensi lagu untuk didengar. Siapa tau, berawal dari lagu lawas, bisa menjadikan suatu hal yang positif buat diri kita.

About Isnanur Utami

Isnanur Utami
Recommended Posts × +

32 Komentar:

  1. Lagu paling lawas itu lagu 'Bis sekolah', 'Kisah sedih di hari minggu' 'Kisah kasih di sekolah' sama 'Bujangan' harus banget didenger tuh keren!!!^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagu lawas memang kereeenn :)

      darah manisku itu kayaknya juga se-angkatan sama lagu2 yang kamu sebutin diatas :D

      Delete
  2. sama, aku juga duli ngasih hp buat mama yang gak ada kameranya. cuma bisa buat nelpon,sms dan radio. apapun yang diberikan seorang anak dari hasil jerihpayahnya sendiri, meskipun sederhana pastilah akan membuat orang tua senang. :)

    bener banget, lagu lawas memang numero uno. lagu yang mungkin dianggap kuno oleh remaja masa kini. padahal banyak dari lagu lawas yang liriknya jauh lebih bermakna dibanding lagu masa kini. dan alunan musiknya lebih nyaman didengar. lestarikan karya musisi lawas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. remaja jaman sekarang mungkin nganggepnya "ah lawas, gak jaman". tai sebenernya kalo dibandingin sama musik sekarang sih lebih enak lagu dulu..

      hidup musik lawas! :D

      Delete
  3. Kalo kata gue sih -meskipun masih muda- lagu lawas jauh lebih enak d denger dari pada lagu zaman sekarang. Iramanya tenang, terus juga asik... tapi yaaah, yang namanya selera kan setiap orang beda-beda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess.. kita sepaham kak :D

      -meskipun masih muda- nya kakak kok sedikit meragukan gitu ya? hehehe piss kak :D

      lagu lawas memang kereennn...

      Delete
  4. my love there's only you in my heart the only thing that's bright~~~
    salah satu lagu favorit aku juga tuh!!
    bener banget lagu lawas itu emang kebanyakan easy listening, terus juga liriknya lebih banyak maknanya.
    lagu dewa sekarang udah masuk lagu lawas juga kan? lagu-lagunya dewa juga asik semuanya tuh :3

    ReplyDelete
  5. haha, lagu lawas sih gue cuma seneng ama lagunya westlife, itu keren2 loh lagunya. haha
    Ih kamu enak yah dikasih hape, aku gak pernah malah. AKU INI ANAK SIAPA ? -_-

    ReplyDelete
  6. wah selera kita sama ternyata hahhahahaa
    aku juga suka kok lagu lawas, terutama Ruth Sahanaya
    waduuuh lagunya bagus bingit
    Ebiet G Ade jug aku suka
    emang lagu jaman dlu ga kalah sama yg sekarang
    malah kebanyakan banyak yg dlu2 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagunya jadul gapapa kak, yang penting orangnya ngga ikutan lawas hihi

      Delete
  7. lagu-lagu lawas emang kadang bikin hati tentrem..
    iya, karena gue juga kadang siaran radio bawain acara lagu2 jadul.
    dan gue jadi banyak tau siapa Tomy J Pisa, Julius Sitonggang, Panbers dan lain2..

    tapi jangan sampai terlalu larut dengan lagu2 lawas terus.. ada kalanya kita harus move on dari masa lalu dan mulai dengerin lagu2 yang baru~

    ReplyDelete
  8. Lagu lawas emang keren, gue kadang juga suka dengerin radio yang muterin lagu jadul. Enak aja didengar..
    Makanya sekarang banyak yang coba rcycle lagu jadul, beberapa ada yang masih terdengar keren, tapi ada juga yang malah jadi ancurrr. Mending penyanyi aslinya deh.. Haha :D

    ReplyDelete
  9. Bukan bermaksud menjelek-jelekkan lagu lawas sih, tapi dari lagu-lagu lawas yang diputer ama tetangga, hampir semuanya bikin pusing kepala... Apalagi lagu kampret yang liriknya "mas joko... tak uk uk" itu apa banget -_-

    Tapi aku termasuk fans berat Ebiet G Ade loh kak. Liriknya ituloh, beuhhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Joko?? itu kok kayak lagu dangdut ya? eh, ngga tau dink..

      wah kita sama2 nge fans ebiet g ade :D

      Delete
  10. sebelumnya, selamat ulang tahun ya kak buat Ibu nya. semoga diberikan panjang umur dan kesehatan sama Allah SWT amiiin. nitip salam yaa buat Ibunya kak Isna hehe

    meskipun hadiah nya sederhana tapi kalo kita beli dengan uang kita sendiri pasti beliau seneng banget. yaa meskipun hp nya ga secanggih hp anak muda jaman sekarang hehe.

    lagu lawas yaa hmm, kalo gue sih sukanya sama lagu-lagunya sheila on seven. tapi btw sheila on seven itu bisa dibilang lawas gak yaa? kan itu band udah lama banget berdirinya. lagu lawas juga ga kalah kok sama lagu jaman sekarang. justru malah lagu lawas itu makin bikin hati ayem dan tenteram. tapi semuanya itu tergantung selera orang maasing-masing sih.

    waah pancen kak Isna iki jiwa wong lawas kok. meskipun kelahiran 95 wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih Za :)

      hmmm SO7 ya.. aku juga suka lagu-lagu mereka.. iya ya, aku ngga kepikiran kalo SO7 itu termasuk dalam kategori lawas..

      hihi cuma lagu aja yang selera lawas :D

      Delete
  11. kok gue awalnya bacanya lagu walas ya? hehe.. gue jadi inget lagu lawas, dulu ayah juga suka muterin lagu lawas gitu, contohnya kisah kasih di sekolah gitu deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya.. kisah kasih disekolah mungkin lagu kenangan ayah kamu dulu.. :D

      Delete
  12. kalau lagu tahun 80an itu lawas banget sih. tadi kirain maksudnya lama tahun awal 200an. aku nggak lahir di zaman itu sih. paling tau lagu rumput yang bergoyang aja hahaha

    emang keren lagu lawas (tahun 2000an) kayak lagu ungu, peterpan dan kawan kawannya. sekarang lagu ungu malah alay -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kali aja nanti kamu penasaran sama lagu lawas, terus kamu suka hehe :D

      iya perasaan dulu lagunya Ungu banyak yang puitis, tapi sekarang.. lebih suka Noah sih daripada ungu :D

      Delete
  13. Aku kalau dengerin lagu lawas... Itu jelas banget perbedaannya ama lagu jaman sekarang... Lagu lawas itu lebih ke arah sastra Indonesia, bahasanya puitis semua... Maksudnya lagu - lagunya Nia Daniati, Ebiet dan seangkatannya lho.. Kalau lagu sekarang, lebih ke arah cabe2an... Bahasanya mainstream semua...

    Tapi kalau ditelaah lebih jauh lagi... Ternyata antara lagu lawas ama jaman sekarang nggak ada bedanya... Semua pada ngomongin cinta - cintaan ( kecuali Ebiet, Iwan Fals, dan sejenisnya )... Cuma bedanya, lagu lawas itu cinta2an jaman dulu, jadi kesannya masih sopan gitu... Tapi kalau kita hidup di jaman itu, pasti rasanya nggak jauh beda ama ngedengerin lagu cinta2an jaman sekarang...

    Intinya, lagu lawas lebih berseni sastra, sedang lagu sekarang kagak ada seni sastranya sama sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh siipp.. salah satu alesan kenapa aku suka lagu lawas juga karena bahasa yang ada di dalem liriknya itu puitis..

      hidup lagu lawas! :D

      Delete
  14. kalau aku sih lagu lawas yang paling mengena adalah lagunya tipe-x.

    disitu kok kamu gak jelasin lagu lawas apa yang menjadi favorit is... cuman ebiet G adeh :D .




    sorry OOT, , ini kamu cules ya :D kok aroma-aroma barcelonanya kental banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah disebutin Bang, Gelas-Gelas Kacanya Nia Daniati hehe :D

      hihi iya, saya Cules :D

      Delete
  15. Nia daniati itu tahun brp hit?

    Yg aku suka lagu lawas itu stinku. #walah, lebih nlawas lagi.hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya tahun 80-an..

      wah aku malah ngga tau tuh lagunya yang kayak gimana hehe

      Delete
    2. kayaknya tahun 80-an..

      wah aku malah ngga tau tuh lagunya yang kayak gimana hehe

      Delete
  16. Aku tau semua tuh lagu yang kak Isna tulis. apalagi yang gelas-gelas kaca. itu hampir setiap hari bapakku muterin lagunya. *pake sound system lagi* serumah denger semua. dan lama2 aku jadi suka juga.

    oh iya, di indonesian idol aja kebanyakan nyanyiin lagu lawas kayak Endless love dan sejenisnya.

    bohong banget kalo orangnya nggak ikut lawas :p seenggaknya lebih muda aku :-p

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah beruntung banget kamu, masih bisa ndengerin lagu2 lawas semacam gelas-gelas kaca..

      iiya mereka yang suaranya lembut-lembut kayak siapa ya namanya, lupa.. yang gendut berkaca mata itu lho, dia pantes banget nyanyi lagu yang kayak gitu.

      iya sih,, tapi ya kalo lawas itu kesannya aku jadul banget gitu..
      halah paling kamu kelahiran 96, aku ngga tua2 amat laah :D

      Delete
  17. Lain kali share juga kak dafatar lagu lawas yang keren, biar saya bisa download :)

    salam kenal kk..

    ReplyDelete
  18. Lagu boleh saja lawas mba Isnaur Utami. Tapi hati selalu senang bahagia.apa aja lagu lawas tahun 45 favoritmu mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo tau 45 aku ngga tau.. yang aku tau sebagian lagu tahun 80-90 an kalo yang lawas hihi :)

      Delete