latest Post

Perjalanan Hidup Seorang Cewe Tomboy Berjilbab: Teman dan Dosen

Lagi pengen aja bikin judul keren kayak diatas. Eh, tapi kayaknya kok nggilani banget dan ngga banget gini yak? Terus cewe tomboy berjilbab itu siapa? ah sudahlah. Check this out!

Kali ini aku pengen cerita tentang perjalanan hidupku semasa kuliah ini. Semester 4 akan segera berakhir. Dari semester satu sampe semester 4 ini, ada aja temen-temen se-angkatan yang tiba-tiba menghilang gitu aja, tanpa kabar. Padahal ini kan udah semester 4. Kan eman banget kalo ngga diterusin. Tapi mungkin ya ada penyebab tersendiri yang membuat mereka pergi meninggalkan jurusan yang tercinta ini.

Anak-anak jurusan Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2012 hanya 95 orang. Beruntung banget aku mudah menghafal nama orang, jadi semuanya aku hafal mereka. Tapi belom tentu juga mereka hafal sama aku.

Mereka berasal dari suku, budaya, dan kota bahkan provinsi dan pulau yang berbeda-beda. Kalo luar pulau sih dari pulau Madura sama pulau Bali. Kalo luar provinsi ya Jawa Tengah aja. Kalo Jawa Timur? Ah, jangan ditanya. Banyak banget pasti. Apalagi dari Sidoarjo. Kebanyakan mereka berasal dari Sidoarjo (bangga jadi orang Sidoarjo! :D). Oh iya, Gresik juga sih. Malah kota tuan rumah, yang dari kota Surabaya cuma segelintir aja. Selain ketiga kota itu, ada yang dari Lamongan, Tuban, Mojokerto, Jombang, Kediri, Probolinggo, hmm trus mana lagi ya.. *buka grup angkatan* Oh, cuma itu aja.

Ngomongin tentang umur, aku termasuk muda diantara mereka-mereka, uhuy (bangga jadi anak angkatan 95). Ada beberapa sih yang seumuran sama aku, tapi mereka emang bener-bener berprestasi. Mereka anak akselerasi, jadi cuma 2 tahun aja mereka menempuh SMA. Cuma 3 orang yang sama-sama kelahiran tahun 1995.

Kebanyakan mereka itu pada lahir tahun 1993, 1994, ada yang 1992 juga. Tapi denger-denger ada yang lebih tua lagi sih. Tapi itu masih sekedar gosip belaka. Mereka yang kelahiran 93 ato 92 itu kebanyakan lulusan tahun kemaren yang belom keterima di Perguruan Tinggi Negeri. Jadi, daripada mereka nganggur, mereka pada les di kampung Inggris, Pare, Kediri. Udah ngga diraguin lagi, mereka udah joss semua kalo ngomong Inggris. Terkadang bikin iri dan bikin sebel juga. Kenapa mereka masuk jurusan bahasa Inggris sih kalo kenyataannya mereka udah bisa bahasa Inggris? Hmm, bener-bener dah.


English Education Department angkatan 2012

Begitu juga tentang dosen. Beragam warna dan rupa pun menghiasi kelas perkuliahanku. Ada dosen yang suka ngasih tugas di tiap minggunya, ada dosen yang membosankan, ada yang pelit nilai, dan ada juga dosen yang jarang masuk kelas. Tapi dibalik itu semua, masih ada dosen-dosen baik dan keren yang masih bertebaran di lingkup jurusanku ini. Salah satunya dosen bule dari Amerika yang keturunan Korea. Dia tinggi, berkulit putih kayak orang korea gitu deh, matanya juga sipit, cantik, dan pastinya cowok-cowok bakal betah di kelas. Jelas banget, mana ada temen-temen se-angkatan yang berparas cantik apalagi bule macam beliau? Lumayan lah, buat pencuci mata para cowok yang belekan gara-gara tiap harinya liat cewe yang gitu-gitu aja di kelas. Beliau kalo ke kampus cuma pake celana jeans panjang dan kaos panjang. So simple. Tapi banyak yang ngefans sama dia. Termasuk aku.


Miss Jennifer :)

*Btw, I'm so sorry Miss. Saya mengambil foto Anda tanpa minta ijin terlebih dulu :3

Ada sedikit kisah yang pernah aku alami, dan itu pengalaman perdanaku bersama bule. Waktu itu adalah pertemuan pertama di kelas. Beliau memperkenalkan diri. Namanya juga bule, ya arek-arek pada antusias semua dong pastinya. Mereka pada tanya yang macem-macem. Di akhir pertemuan kelas, beliau menyuruh kita untuk menulis sebuah essay tentang “How to be a good teacher”.

Wah, kesempatan emas nih untuk bisa kenal lebih dekat sama beliau. Kapan lagi aku bisa dikenal apalagi dihafal sama dosen bule? Malemnya aku mencoba untuk menulis. Dan yang aku tulis adalah bener-bener jujur dari lubuk hati yang paling dalam dan bukan rekayasa.

Dear Miss Jennifer, I am Isnanur Utami. You can call me Isna. Nice to meet you. This is my first time I met ‘the real Bule’. Actually, I have no desire to become a teacher. I do not know why. Since when I was in the middle school and high school, I just want to be a programmer. Working with many computers. And that is really interesting. When I was graduated from high school, I try to join some tests to continue my undergraduate. My first choice is Informatics and engineering of ITS Surabaya. And English education is my second choice. But unfortunately, I did not qualify. I failed to achieve my dream to become a programmer. Maybe this is my way to make my parents happy. Yes, I  entered this major, English education department. From there, I intend to be a teacher. Bla bla bla..... (Kelanjutannya udah bahas tentang “How to be a good teacher”).

Aku ngga nyangka, bisa-bisanya aku nulis curhatanku di essay ini. Padahal kan essay ini nantinya bakal beliau nilai. Duh, wes kadung. Sudah terlanjur dikumpulin. Aku juga melihat sekilas punya arek-arek kok bahasanya pada serius dan langsung to the point. Lah aku, malah curhat dulu. Duh, gimana nilaiku nanti ya?

Satu minggu kemudian, aku liat hasilnya. Banyak coretan-coretan berwarna merah yang ada di lembaran kertas essayku. Dan... WHAT??? Aku kaget. Kesimpulan yang aku dapet dari coretan-coretan bolpen merah itu adalah.. 

“APA??? Kamu ngga pengen jadi guru? Kenapa kamu memilih jurusan pendidikan bahasa Inggris kalo kamu ngga pengen jadi guru??? Jadi guru itu memang ngga mudah dan butuh proses. Jadi tetap semangat dengan pilihan keduamu ini. Semoga ini memang jalan yang diberikan Tuhan untuk meraih kesuksesanmu. Chop Chop!”

Ada lagi cerita dengan beliau. Kali ini sama temen-temen kelompok. Tugas UTS dari beliau adalah kita disuruh mempresentasikan tentang lesson plan, tentang apa aja material, strategi mengajar kita kepada murid-murid SMA. Dan Alhamdulillah, presentasi berjalan dengan sukses. Beliau menyukainya. Di akhir perkuliahan, disaat kelas sudah kosong, hanya ada kelompokku dan juga beliau, Kelompok kita menyempatkan diri untuk ngobrol-ngobrol sebentar. Me-review tentang lesson plan kita tadi, dan juga sharing cerita.

Entah tiba-tiba dia memanggil salah satu diantara kita untuk minta tolong mengecek pulsa yang ada di hapenya, karena beliau masih belum paham bahasa Indonesia. Aku coba ngintip-ngintip di sebelah beliau. Wow, ternyata beliau tinggi banget, sampe aku jinjit-jinjit gini, niatan untuk ngintip pun pupus sudah. Tinggiku se-keteknya dia. Untung aku ngga diketekin. Entah gimana rasanya ya kalo diketekin bule. Keren kali yak. Kan bule yang ngetekin, jadi ada sensasi tersendiri, mungkin :D

Kita ngerasani alias ngomong di belakang beliau dengan bahasa jawa. Dan itu membuat beliau merasa ada sesuatu yang aneh tentang apa yang kita bicarakan. Tiba-tiba beliau bilang, "Girls, I don’t know your bahasa. Is it bahasa? Please don’t talking about me behind me". Beliau ngomong sama kita dengan nadanya yang nyengir, sedikit menyindir tapi bikin kita ketawa-ketawa kecil karena nada ngomongnya yang agak lucu. Dan kita segera menolong beliau, karena hari sudah gelap. Nggak terasa udah magrib. Setelah itu kita keluar kelas bersama dan berjalan bersama keluar gedung.

Salah satu temenku yang sedari tadi nyenggolin aku, malah salah tingkah. Dia cewek dan dia pengen tau tentang Korea dari beliau, pas beliau ambil motor pun temenku ini masih aja mengintrogasi beliau. Maklumlah, dia Korean Lovers. Udah ngga kaget. 

Yah itulah sekelumit cerita tentang temen-temen se-angkatan yang pada ngilang dan berbagai macem dosen yang pernah aku temui selama 4 semester ini. Mungkin bakal lanjut tentang cerita mata kuliah yang aku jalani dan cerita-cerita lain beserta kenangan-kenangannya. 


About Isnanur Utami

Isnanur Utami
Recommended Posts × +

16 Komentar:

  1. alah kita samaan gue juga dari jurusan bahasa inggris, walaupun nggak ada yang nanya tapi inisiatif ajah sih mau ngasih tau. univ mana sih?

    enak banget ada dosen dari luar, di kampus gue semuanya pribumi. -__-
    menurut gue tentang temen-temen lo yang pada ngilang mungkin karena nggak pada betah tuh, soalnya ada beberapa mahasiswa yang kuliah cuma pengen gaya2an doang :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo sudah kuduga, ternyata kakak juga jurusan bahasa Inggris.. soalnya waktu itu aku pernah liat postingan kakak yang bikin cerita serem terus kakak lagi baca cerita seremnya pake bahasa Inggris :D

      bisa jadi kak. ada yang pindah kampus dan ngambil jurusan yang melenceng dari bahasa Inggris, ada yang ngga tau dia kemana soalnya ngga ada kabar.. tiap tahun selalu ada aja yang ilang..

      Delete
  2. Wah ternyata kita seangkatan ya Isna :D cuma tahun lahirnya emang beda sih. Tapi aku juga masih muda kok. *apa sih ini maksa*

    Hmm, aku juga jadi kepengen lancar bahasa inggrisnya ya biar bisa masuk perusahaan luar. Terus dapet ilmu bikin perusahaan sendiri deh. Hehe.

    Eh itu dosennya cantik ya btw. Dan enak juga bisa diajak sharing. Emang, kita sih yang harusnya aktif buat ngajak dosen ngobrol. Tentunya di luar jam matkul biar nggak ganggu. Karena sharing-sharing gitu selain bisa bikin akrab sama dosen, bisa nambah wawasan yang nggak didapet pas kuliah berlangsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti aku manggilnya Dwi aja yaa. beda setahun aja kok.. hehe

      oh pengen masuk perusahaan luar ya? iya sih, harus lancar bahasa Inggris. tapi denger2 juga beberapa perusahaan luar itu mengharuskan calon pegawai punya sertifikat toefl ya? entahlah, itu bener ato engga...

      kalo sharing2 masalah perkuliahan sih fine2 aja, tapii temen2 yang lain malah nanya tentang budaya korea, pokoknya yang korea2 gitu deh... melenceng banget kan jadinya? tapi ngga apa2 dah, sama2 ilmunya juga :D

      Delete
    2. Iya panggil nama aja :D

      Iya sih,rata-rata toeflnya udah di atas 550. Dan malah sekarang udah nambah toeic juga masa. Haih, makin ribet aja masuknya.

      Haha ya kalau budaya sih nggak papa, kalau udah ngomongin boybadny-nya, aku sih langsung kabur kayaknya._.

      Delete
  3. hmmm kalau temen" yang ngilang sih aku juga ngerasain biasanya mereka mendapat kesenangan lain yang tidak didapatkan di perkuliahan,
    oh ya artikel ini cukup menarik terlihat sekali kalau kamu orang bahasa , kan disini ada bahasa indonesia , bahasa inggris dan bahasa jawa menurutku ini unik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, bisa jadi juga gitu.. hmm biarkanlah mereka memilih jalannya masing2.. semoga itu pilihan dan keputusan yang terbaik buat mereka..

      hihi.. ini masih belajar biar tulisannya lebih rapi lagi.. makasii ^^

      Delete
  4. bisa-bisanya motret tanpa dia tahu. Dan kayaknya miss tinggi banget yah.
    Eh essay kok curhat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, ngga ijin ngambil foto dari facebook-nya :D

      Delete
  5. Awal baca paragraf pertama itu sedikit ngakak karna ada kata "nggilani" Wkwkwkw
    Bosone rek sidoarjo banget hahaha...

    Ohya, Kak Isna ini enak ya di ajar sama guru dari luar, produk luar gitu. Keren deh :D
    Ohya itu essay-nya masih ada yg kurang tepat sama grammarnya ._.v

    ohya kak isna ini kuliah di mana? :o kok ngaku-ngaku lahir 95? -_- aku 96 loh, jadi kita ini seumuran ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. lah sama aja, aku ngomong bahasa Indo ya dialek nya medok juga.. yawes sekali2 kan ngga apa2 hehe

      eh iya ada yang salah tuh.. hihi mahasiswa macam apa aku ini? udah semester 4 masih aja kurang tepat.. makasih ya sudah diingetin :D

      di UIN Sunan Ampel Surabaya. bukan ngaku2 ituu, tapi memang kenyataan yang sebenarnya kayak gitu hehe

      Delete
  6. liat judulnya aja gue udah tertawa Kak, masak ada cewek tomboy tapi berjilbab. cewek tomboy itu kan biasanya make celana 3/4, potongan rambut pendek, trus suka pake kaos. lah ini Kak Isna udah berjilbab, muslimah banget, tapi ternyata sifat nya tomboy. keren.

    btw sampean medok banget yaa, bahasa jawa nya keluar semua di postingan ini wkwk. gue baca penggalan essay nya, jadi ternyata Kak Isna itu dulu pengen jadi programmer, suka banget sama komputer, tapi gak keterima di ITS yaa. trus ternyata masuk ke jurusan pend bahasa inggris. but, dont worry Kak. maybe this is your way to be a succes woman, become a english teacher. alaah ngomong apaan sih gue.

    punya guru bule itu emang enak juga yaa, kita bisa ngerasani dia tanpa sepengetahuannya, karena dia ga ngerti bahasa kita. btw, gue juga pengen dong Kak ngerasain diketekin sama bule wkwk.

    seru banget yaa cerita-cerita masa kuliah

    ReplyDelete
  7. emang sih kalau kita diajarin sama orang aslinya alias bulenya itu lebih greget, so pastilah banyak yg suka, cantik juga kok, hhmmm jadi guru karena ortu sayang juga ya, tapi gak apa2 lah mungkin emang itu takdirnya, tapi asyik sih ceritanya. oy orang disini juga banyak loh yg pergi ke kampung inggris itu, jadi penasaran gimana disana, siapa tau aku bisa ngomong bahasa inggris lancar juga klo pulang dri sana, hehe

    ReplyDelete
  8. owh 95 toh..... kirain 90an :D ....


    eh kok pas baca bahasa inggrismu itu, aku ngerti artinya ya, padahal biasanya susah ngartiin kalau lagi baca bahasa inggris. itu bener apa salah ? :D . atau kamu hanya pake kalimat yang mudah ?.

    emang seru kalau dosen kita masih muda, apalagi dari luar. Beda sama dosen yang sudah tua, pengennya serius mulu.

    semester 4 berarti 2 tahun lagi skripsi..... saran saya, nikmatin dulu masa mudamu dan kuliahmu sebelum semester skripsi datang. :D hahhaaahhha

    ReplyDelete
  9. Lagi nyari keyword di google ttg uinsa trus nyasarnya kesini jadi sekalian komen :D
    Saya maba di uinsa jurusan Politik Islam. Padahal pengennya ke Sastra Inggris ato ga ke Pendidikannya, jadi gatau kok ya nyeselnya baru sekarang kenapa ga belajar dari dulu :(
    Kayanya enak ya mba di urusan bahasa inggrisnya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal ya. Penyesalan memang selalu datang belakangan. Tapi jangan sampe buat kamu down. Kakak sepupuku juga lulusan Politik Islam. Yang penting jalanin dulu. Semua emang ngga selalu enak, pasti ada ngga enaknya juga. Aku dulu pertama2 juga gitu. Suka ngiri sama temen2 yang pada lulusan Pare, bahasa Inggris mereka udah lancar banget sedangkan aku masih belibet.
      Jalani dulu aja. Insya Allah lama2 bakal enak kok. Tetep semangat ya :)

      Delete