latest Post

1 Hal Sepele yang Terabaikan

Apakah kalian menyadari hal kecil ini? Mungkin banyak yang menganggap remeh akan hal ini. Tapi ini terbukti bisa menjadi kebahagiaan tersendiri jika hal sepele ini kita lakukan secara rutin dan dengan niat yang bulat.

Kita sebagai manusia, setiap harinya selalu melakukan aktivitas rutin seperti sekolah, ngampus, kerja, sibuk organisasi, sibuk tugas, atau mungkin skripsi. Saking sibuknya, kadang kita lupa akan hal sepele kecil ini yang jika kita rutin melakukannya, malah kita termasuk orang-orang yang  beruntung.

Hal sepele kecil itu adalah MENABUNG. Menyisihkan sebagian uang yang kalian dapat entah dari hasil gaji atau uang saku sekolah, sisihkan. Berapapun itu. Wes tah, dengan kamu menabung, hidupmu bakal sejahtera. Sehari 1000 rupiah, dikalikan sebulan udah berapa. Lumayan kan?

Jika kita rutin menabung, dan memang bener-bener sudah diniati untuk menabung, kita juga harus menyeimbangkannya dengan tidak hidup boros. Kalau kita nabung, tapi kita boros ya sama aja. Atur keuanganmu sebaik mungkin. Biasanya cewek-cewek yang lebih pandai dalam hal ini. So, kalian para cowok-cowok, carilah pasangan hidup yang pandai mengatur keuangan. Biar hidup kalian sejahtera sampai tua nanti.

Ada sebuah cerita inspiratif yang patut kita contoh. Ada seorang ibu tua yang setiap harinya bekerja sebagai pemulung selama bertahun-tahun. Hidupnya pun pas-pasan. Makan pun dengan lauk seadanya. Hidup sebatang kara pun tidak menyurutkan semangat ibu ini untuk hidup. Sudah 5 tahun ini suami ibu tua ini meninggal dunia. Anak-anak ibu tua ini pun ngga jelas dimana keberadaannya. Ibu tua ini menganggap kalau anak-anak mereka sudah lupa dengan ibunya.

Dari dulu ibu tua ini memiliki sebuah keinginan. Tapi ibu ini sadar jika dipikir dengan akal sehat orang-orang, keinginan ini mustahil bisa terjadi. Tapi dengan niatnya yang amat besar, dan dengan tekun beliau lakukan, beliau bisa mewujudkan keinginan yang kata orang mustahil itu. Iya, ibu tua ini ingin sekali berkurban. Sebagai seorang muslim, keinginan berkurban di hari raya Idul Adha memang menjadi suatu keinginan besar yang tiap-tiap muslim ingin laksanakan. Sebagai seorang pemulung pun memang sangat mustahil untuk berkurban, membeli seekor kambing yang harganya jutaan rupiah itu.

Dengan masih memiliki niat dan tekad yang bulat, beliau mencoba untuk menabung setiap harinya. Dan itu harus wajib, agar keinginan berkurban bisa menjadi nyata. Per hari ibu tua ini menabung sekitar 1000-2000 rupiah saja. Nilainya memang sedikit. Tapi ibu tua ini percaya bahwa apa yang beliau lakukan ini sudah niat untuk berkurban karena Allah SWT. semata.  

Setahun dua tahun, sampai tiga tahun akhirnya setelah menabung sekian lamanya itu beliau bisa mengumpulkan uang untuk berkurban seekor kambing. Beliau sangat bersyukur. Karena apa yang beliau inginkan ternyata bisa tercapai. Beliau tidak menggubris perkataan orang atau ejekan orang yang katanya beliau ngga akan bisa berkurban karena beliau hanya seorang pemulung. Tapi kenyataannya? Beliau bisa. Itu karena niat, tekad yang bulat, usaha dan doa beliau.


Jadi, yakinlah pada dirimu sendiri. Jika kamu menginginkan sesuatu selagi itu positif dan baik untuk masa depanmu, cobalah. Jangan termakan omongan dan ejekan orang-orang yang ngga ingin kamu sukses atau berhasil. Tetap kunci utamanya berusaha sekuat tenaga, memiliki niat dan tekad yang kuat, dan juga jangan lupa selalu berdoa memohon kepada Tuhan, agar diberikan kelancaran untuk meraihnya. Apakah kalian menyadari hal kecil ini? Mungkin banyak yang menganggap remeh akan hal ini. Tapi ini terbukti bisa menjadi kebahagiaan tersendiri jika hal sepele ini kita lakukan secara rutin dan dengan niat yang bulat. Semoga dengan kisah ini, kalian bisa sedikit terinspirasi dan termotivasi. AdiĆ³s todos! 

About Isnanur Utami

Isnanur Utami
Recommended Posts × +

0 Komentar:

Post a Comment