latest Post

Welcome, March! Begini Rasanya Memulai Membuat Skripsi

1 Maret 2016
Bulan baru lagi, hari baru lagi.

Aku melirik ke kalender handphone-ku. 

Sumber: Google

Hari ini ternyata sudah masuk di bulan Maret. Aku merasa hari-hari yang kulalui terasa begitu cepat. Padahal baru aja bulan Januari kemarin aku bertahan hidup di daerah pelosok yang jauh dari perkotaan, dalam rangka kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Sambil melirik kalender, aku juga nyempetin buka Facebook di pagi hari. Pas lagi scrolling, aku nemuin sebuah status dari adek tingkatku. Isinya gini:

Akhirnya.. Setelah sekian lama hibernasi, hari ini hari pertama kuliah di semester yang baru. Nggak sabar pengen ketemu temen-temen. Pengen hangout!

Maklum. Adek kelas pasti sudah puas banget menikmati liburan semester selama sebulan penuh. Ah.. Betapa senangnya mereka yang masih menjalani rutinitas kuliah seperti biasa. Masuk ke kelas, dengerin ceramah dosen, presentasi, begitu seterusnya. Kalo nggak ada kuliah, pasti bakal hangout, jalan-jalan atau nge-Mall bareng.

Lalu aku melirik kalender lagi, mencoba melirik bulan-bulan selanjutnya, dan seketika berhenti di bulan Oktober.


Sumber: GOOGLE
Ada apa dengan bulan Oktober?

Bulan Oktober bagiku adalah bulan sakral, bulan pembuktian. Karena Bulan ini adalah bulan dimana mahasiswa-mahasiswi yang udah lulus sidang skripsi bakal wisuda di bulan ini. Aku pengen juga wisuda tepat waktu. Biar Bapak Ibuku bangga kalo anaknya bisa lulus tepat waktu, meski ngga cumlaude. Aku hanya bisa berusaha dan berdoa. Selebihnya aku pasrah.


===

Perlu aku jelasin, sekarang aku sudah menjadi mahasiswi tingkat akhir. Segala keribetan pun bakal mewarnai hidupku kedepannya. Bulan Desember kemarin ini aku sudah dibikin ruwet dan ribet untuk mengajukan judul skripsi. Bolak-balik aku harus ke perpustakaan kampus sebelah demi mencari referensi, karena referensi yang aku cari nggak ada di kampusku sendiri.

Aku punya target. Seenggaknya sebelum KKN, harus ada satu judul yang disetujui, dan sudah punya dosen pembimbing untuk konsultasi selanjutnya. Dan Alhamdulillah, dari sekian judul yang aku ajukan, ada satu judul yang sudah disetujui. Dosen pembimbing skripsi pun juga sudah aku dapatkan. Selanjutnya, aku tinggal menikmati keribetan membuat proposal skripsi dan konsultasi ke dosen pembimbing.

===

Tapi, meski judul sudah disetujui, perjalananku selanjutnya sepertinya ngga akan berjalan mulus. Itu pasti. Namanya juga hidup, pasti akan ada hambatan yang menghalangiku nantinya.

Memang sih aku masih tahap membuat proposal skripsi. Istilahnya masih permulaan. Tapi kejadian-kejadian ini sudah menimpaku hari ini. Padahal masih proposal, gimana pas skripsi nanti? T_T

Abis subuh: 

"Pikiran masih fresh nih. Nyicil bikin ah.. Siapa tau ada pencerahan."

Jam 8.00:

“Duh, mulai laper. Sarapan dulu ah..”

Setelah sarapan: 

“Lanjutin lagi nggak ya? Ah, nonton TV dulu deh. Refreshing bentar. Mataku mulai lelah, daritadi di depan laptop mulu.”

Ngga inget jam, tau-tau udah jam 10.00: 

“Buset! Ini jam cepet amat jalannya. Tau-tau udah jam segini. Lanjut lagi ah! Harus dicicil nih.”

Pas mantengin laptop: 

“Duh.. bingung nih. Research Question-nya masih satu. Waktu itu dosen pembimbing bilang harus ditambah satu lagi. Duh.. Apa ya? Hmm.. Buka-buka PDF dulu aja deh. Siapa tau dapet pencerahan.”

Pas buka-buka PDF yang seabreg: 

“Mana dulu ya yang dibuka? Buka semua dulu aja deh. Ntar dibaca satu per satu.”

Pas dapet PDF yang ternyata kualitasnya nggak bagus: 

“Duh.. PDF ini bikin mata sakit. Tapi yang aku cari kayaknya ada disini. Mau nggak mau harus terus melototin PDF ini. Semangat!”

(mencoba menyemangati diri sendiri).

Dan HASILNYAAAA: 

Oh NOOO!! Masih 3 lembar. Padahal Kamis besok mau konsultasi ke dosen pembimbing. Aku belum siap :( 

Kayaknya cerita ini bakal berlanjut. Semoga memang berlanjut ya~

About Isnanur Utami

Isnanur Utami
Recommended Posts × +

19 Komentar:

  1. Semangat ya buat nyelesain kuliahnya. Semoga Oktober udah pake toga, foto bareng keluarga.

    ReplyDelete
  2. Semangat ya buat nyelesain kuliahnya. Semoga Oktober udah pake toga, foto bareng keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinnn... Terima kasih ya doanyaa :)

      Delete
  3. Salam kenal sebelumnya :)

    Iya gak kerasa ya, waktu rasanya jalan cepet banget tau-tau udah bulan Maret aja. Mungkin waktu kerasa cepet soalnya kita lagi ada tugas yang harus diselesaikan. Aku juga ngerasa gitu kok.

    Semoga sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin terima kasih ya.. Semoga kita sama-sama sukses :D

      Delete
  4. hahaha adek kelas kampret, dia juga bakal ngerasain nantinya pas ngerjain skripsi. itu juga jadi omongan gue kemaren pas dikantin lagi garap skripsi liat ade tingkatan masih bisa pada cekikikan :'

    kendalanya kadang males, tapi bener, harus dicicil mbak, gak gitu nantinya takut keteter.
    semangat mahasiswa! \m/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangatnya on off nih.. Entah kenapa. Tapi, target tetep target. Harus dikejar... semangaat buat kita :D

      Delete
  5. Ciyeeee mahasiswa tingkat akhir... Semangka!!!

    Mungkin cara kerja universitas kita beda, tapi selebihnya sama, mau lulus harus bikin skripsi. Kalau ditempatku itu bikin skripsinya udah terjadwal jelas kumpulnya tanggal berapa, sidangnya kapan, dan printilan2nya. Berasa kayak dikejar2. Apalagi kalau otak lagi mogok, ah susahnya itu g bisa nunggu nanti, keburu dipecat jadi mahasiswa kalo g nyelesain skripsi tepat waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya udah ada jadwal, tapi akunya yang terkadang kudet. Untung ada temen yg baik hati ngingetin..

      yaa semoga aja target Oktober bener-bener terlaksana..

      Delete
  6. wah ade-adenya keren yah, bisa kuliah sambil hangout *eh kuliah sambil hangout atau hangout sambil kuliah ?

    hmm ternyata mb udah mahasiswa tingkat akhir, lah saya aja baru lulu SMA taon kemaren mba. Waktu emang cepet berlalu yah nggak kerasa..

    kadang saya juga ngerasa gitu mba suka nunda-nunda kalau bikin skripsi.. eh saya kan baru lulus kemaren hmm ternyata bikin skripsi sesulit itu yah, nggak kebayang kalau saya nanti begitu juga tapi semangat ya mba moga skripsinya bisa cepet jadi trus keterima

    ReplyDelete
    Replies
    1. seenggaknya kamu juga punya target kan mau lulus berapa tahun lagi..

      aminn makasih yaa

      Delete
  7. Welcome to the skripsi world.
    Dimana musuhnya gak cuma 'skripsi' tapi juga segala tetek bengek yang menyertainya.
    Kebuntuan nyari ide, susahnya nyari referensi, sabarnya nungguin dosen pembimbing, dan yang paling utama adalah memerangi rasa males yang ada di dalam diri kita sendiri. Itu poin yang paling susah.

    Menurutku (dan dari pengalaman yang udah pernah aku rasain) beberapa mahasiswa yang skripsinya lama selesainya adalah dia gak bisa memerangi rasa malas yang ada di dirinya. Jadi lawan rasa malas! Haphaphap!

    Mungkin salah satu cara untuk mensiasati rasa malas, kamu bisa nyari temen seperjuangan, temen yang sama-sama lagi ngerjain skripsi. Kalian bisa bikin grup untuk saling diskusiin progres skripsi masing-masing, saling sharing topik skripsi, referensi, dll plus juga saling semangatin satu sama lain... :)

    Tapi percayalah, kalau semua proses skripsi itu kamu jalanin dengan sabar, telaten, dan juga semangat (pastinya) skripsi itu pasti berlalu kok.
    Hehehee...

    Jadi semangat yaaa.... :)

    *btw, maaf lho kalau kesannya jadi nasehatin. aku cuma berbagi pengalaman* :)

    Btw, salam kenal jugaaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya kak nasehatnya.. pasti bakal terjadi tuh hal-hal semacam itu.. semoga bisa kuat dan tabah menghadapi cobaan ini :)

      Delete
  8. Ah masih lama, sebagai seorang yg pernah mengenyam skripsi. Deadline2 gitu tuh yg di tunggu.
    Entah darimana keajaiban datang klo udah mau deadline itu rasanya mudah. Asal niat ngerjain. Hhehe

    Semangat aja deh.! Perjalanan masih panjang. ^_^

    ReplyDelete
  9. Halo Isna..lama gak kunjungin blogmu, btw semangat ya ngeskripsinya :)
    mudah-mudahan kamu gak suka menunda pekerjaan lagi biar cepat kelar tu skripsi, jangan hanya 3 lembar aja hehehe
    semangat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak Mei.. semoga terus semangat :D

      Delete
  10. skripsi emang sulit ditaklukkan, butuh waktu dan energi yang lebih. tapi kalau berhasil menaklukkan, seneng banget tuh pasti rasanya. beberapa hari yang lalu saya dapet tugas sosiologi tentang penelitian hampir mirip skripsi. meskipun cuma 27 halaman dapetnya, tapi... alamak.. ampun deh..

    yasudah, lanjutkan! semoga kedepannya bisa berkali-kali lipat dari 3 halaman..

    ReplyDelete
  11. Skripsi yaa? Waah...

    Persis abang aku yang lagi skripsi-an. Semoga tahun ini lulus yaa! Cemungudhz!

    ReplyDelete